Pada
kenyataannya, semakin banyak orang yang menggunakan Google AdWords sebagai media pemasaran online
untuk tujuan yang berbeda-beda, termasuk dan tidak terbatas pada:
- Menjual layanan atau produk tertentu
- Meluncurkan layanan dan produk baru
- Meningkatkan traffic website untuk mendapatkan email pengunjung dan membangun daftar prospek
- Menguji coba strategi pemasaran yang bervariasi, seperti keefektifan artikel dan pemberian harga pada produk
- Melakukan riset pada kata kunci utama dan sekunder untuk strategi Search Engine Optimization
- Melakukan riset tentang apa yang diinginkan dan dibutuhkan oleh pelanggan dan bisnis
- Memasarkan dan menjual produk milik sendiri atau produk dari bisnis afiliasi
Namun,
jangan sampai anda menganggap remeh cara menggunakan Google AdWords. Tanpa strategi yang dirancang
dengan baik, Google AdWords dapat berubah dari media
pemasaran online terbaik menjadi yang terburuk yang hanya menghabiskan uang
anda. Berikut adalah beberapa strategi menggunakan Google AdWords untuk
memaksimalkan kampanye Google AdWrods anda:
Strategi Cara Menggunakan Google AdWords
1 – Gunakan
Kata Kunci yang Tepat
Anda perlu
ketahui bahwa Google AdWords adalah media pemasaran online yang
menerapkan sistem PPC (Pay-per-Click) dan anda hanya membayar bila ada
seseorang prospek yang mengklik iklan Google anda tanpa memperhitungkan berapa
kali iklan anda ditayangkan di halaman hasil pencarian.
Kata kunci
yang tepat untuk Google AdWords disini adlaah kata kunci dengan
harga yang rendah tapi sering digunakan dalam mesin pencarian. Untuk menemukan
kata kunci yang tepat, anda dapat menggunakan Google
AdWords Keyword Suggestions Tool
2 – Gunakan
Judul Iklan dan Deskripsi Iklan yang Paling Efektif untuk iklan Google AdWords
Sebenarnya, Google
AdWords sudah memberikan informasi kepada anda tentang iklan mana yang
paling sering diklik oleh prospek anda.
Ada 2 cara
untuk menentukan judul dan deskripsi iklan Google AdWords yang
paling efektif bagi anda. Pertama, pelajari iklan Google AdWords
yang lain dalam memberikan judul dan deskripsi. Kedua, Judul dan deskripsi
iklan Google AdWords anda harus menyebutkan keuntungan (benefit)
yang ditawarkan oleh produk maupun layanan anda.
3 – Gunakan
fitur ‘Keyword Matching’ untuk menargetkan iklan Google AdWords
Tidak
seperti iklan PPC konvensional lainnya, peringkat pada iklan Google AdWords
ditentukan dengan rumus : Cost-Per-Click (CPC) x Click-Through-Rate (CTR)
Fitur
‘Keyword Matching’ dapat membantu anda mendapatkan CTR lebih tinggi untuk iklan Google anda dan
memberikan peringkat yang lebih tinggi tanpa meningkatkan Cost-Per-Click (CPC)
iklan anda. Anda dapat menemukan fitur ini di Google Analytics.
4 –
Targetkan Iklan Google AdWords Anda untuk Wilayah dan Negara Tertentu
Bila anda
mengharapkan pelanggan anda adalah mereka yang tinggal di Jakarta, mungkin anda
ingin untuk memfokuskan iklan Google AdWords anda hanya untuk
pelanggan yang tinggal di Jakarta. Strategi cara menggunakan Google
AdWords ini juga membantu iklan anda mendapatkan tingkat Click-Through-Rate
(CTR) yang lebih tinggi.
5 –
Maksimalkan kotak pendaftaran pada semua website yang anda promosikan
Strategi
menggunakan Google AdWords seperti ini memungkinkan anda untuk
membangun daftar subscriber dalam waktu yang sama. Taruh kotak pendaftaran
untuk website anda di sidebar bagian atas website anda untuk meningkatkan
subscriber sign-up rate.
6 –
Tambahkan Pop-up DHTML (Dynamic Hyper Text Markup Language) Pada Website Anda
Ini adalah
rahasia yang Google tidak mau anda ketahui: Anda dapat menggunakan pop-up pada
Landing Page anda (Halaman yang prospek anda lihat saat pertama kali mereka
mengklik iklan Google AdWords anda) selama pop-up tersebut tidak membuat
pengunjung membuka window yang baru.
Pop-up DHTML
secara teknis bukanlah pop-up. Pop-up DHTML bisa dibilang adalah sebuah
‘floating menu’, yang dibuat untuk terlihat seperti pop-up. PopupMaster Pro adalah salah satu software
pembuat pop-up terbaru yang ada.
Menginstall
DHTML pop-up pada website anda dapat meningkatkan penjualan dan subscriber
website anda secara dramatis.
7 – Pantau
dan sesuaikan kampanye iklan Google AdWords
Anda akan
dapat mengakses informasi bernilai dan mengetahui kata kunci mana yang
ditampilkan paling banyak, kata kunci mana yang paling sering diklik prospek
anda, dll. Anda perlu menggunakan informasi ini untuk menyesuaikan judul iklan,
deskripsi iklan, dan Cost-Per-Click iklan anda guna memaksimalkan keefektifan
kampanye anda.
Gunakan
strategi cara menggunakan Google AdWords yang sudah dijelaskan di
atas dan pantau terus keefektifannya. Hal ini dapat menjadikan Google
AdWords sebagai media pemasaran online terbaik yang anda miliki.
Post a Comment
Silahkan masukkan komentarnya